Pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan tentang game buatan kami yang bernama asteroid avoidance, game ini dibuat oleh
David Ralphwaldo Martuaraja - 05111940000190
Muhammad Haikal Aria Sakti - 05111940000088
Asteroid Avoidance merupakan game yang mengambil inspirasi dari game-game yang biasanya terdapat pada arkade-arkade game jaman dahulu. Game ini memiliki cara bermain yang cukup simpel dan sering dipakai bahkan untuk mekanisme game zaman sekarang yaitu, terdapat sebuah pesawat luar angkasa yang dimana pesawat ini memiliki tugas atau misi untuk menelusuri luar angkasa tanpa mengenai satu pun asteroid dan selain menghindari asteroid pesawat ini juga bisa menembak asteroid-asteroid agar tidak mengenainya, game ini juga berjalan dengan sistem high score jadi pada dasarnya game ini akan terus berjalan sampai pesawatnya mengenai asteroid dan kesuksesan pada game ini akan dihitung dari score yang didapat.
Pada game ini kami membuatnya menjadi terdapat tiga level kesulitan ada easy,medium,dan hard, selain itu dalam pembuatan game ini dibutuhkan sebanyak 6 Class, dalam pembuatan game ini kami mengerjakannya menggunakan aplikasi Eclipse dan BlueJ
Berikut adalah class diagram dari game Asteroid Avoidance yang kami bentuk di BlueJ
Selanjutnya adalah source code dari game Asteroid Avoidance yang kami rangkai dengan enam kelas
a.Player.java
Class Player ini merupakan class yang menyimpan informasi posisi pemain dan fungsi - fungsi untuk mengupdate posisi pemain
b.Asteroid.java
Class Asteroid ini merupakan class yang menyimpan informasi untuk masing - masing asteroid dan fungsi - fungsi untuk mengupdate asteroid
c.Asteroids.java
Class Asteroids ini merupakan class utama dari game Asteroid Avoidance
d.Bullet.java
Class Bullet ini merupakan class yang menyimpan informasi yang dimiliki peluru dan fungsi - fungsi untuk mengupdate peluru
e.Renderer.java
Class Renderer ini merupakan class yang akan menggambarkan grafis game
Berikut merupakan hasil kerja yang sudah saya lakukan dengan melakukan modifikasi beberapa fungsi tetapi mengeluarkan output yang sama dari Game World of Zuul Chapter 6 Designing class-zuul bad. Game World of Zuul merupakan game yang berbasis adventure dimana akan mengunjungi sebuah universitas dan akan berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Game ini merupakan implementasi dari Designing Class berupa coupling dan cohesion. Coupling merupakan keterikatan program ditinjau dari hubungan antar modul atau kelas. Cohesion merupakan keterikatan program ditinjau dari hubungan antar method dalam satu kelas. Adapun beberapa class yang digunakan adalah sebagai berikut : Game.java merupakan class utama yang berisi tentang gamenya dari tampilan awal dari game serta hal-hal yang dilakukan untuk memanggil class lain. Seperti kelas parser yang akan mengambil inputannya. Room.java merupakan class yang berisi semua room serta arah-arah setiap room. Command.java merupakan class yang ber...
Apa itu JAVA FX? JavaFX adalah sebuah platform software untuk membangun sebuah aplikasi rich internet application (RIA) yang bisa berjalan pada berbagai macam perangkat. Seperti komputer dekstop, web browser di Windows, Linux dan Mac OSX. JavaFX dirancang untuk menyediakan para developer java sebuah platform yang baru, ringan, dengan performa yang tinggi. Tujuannya adalah ingin mengantikan swing untuk membangun aplikasi GUI. Namun itu bukan berarti Swing sudah tidak digunakan lagi. Sejumlah besar aplikasi telah dibangun dengan menggunakan swing itu berarti, Swing telah menjadi bagian dari Java API untuk waktu yang cukup lama. Terutama bahwa aplikasi ini bisa digabungkan dengan JavaFX secara fungsi. Lalu, saya mencoba mengimplementasikan JavaFX ke dalam sebuah program sederhana, yaitu Choose Movie. Jadi, ketika user meng-klik button, maka akan muncul sebuah string yang bersifat random . Adapun class yang digunakan yaitu ChooseMovie, sebagai cl...
Pada dunia programmer, developer perangkat lunak tentu familiar dengan "Error". Bagi developer, mereka tidak hanya bertanggung jawab menyelesaikan error yang terjadi, tetapi juga harus memikirkaan error yang mungkin saja baru akan terjadi akibat penggunaan pernagkat lunak tersebut. Hal yang mungkin saja terjadi di luar perkiraan dan mungkin saja menuntun perangkat lunak ke dalam kondisi error disebut Exception. Exception dapat mengganggu jalannya perangkat lunak yang tadinya sudah berjalan baik. Untuk hal itu, developer membutuhkan Exception dan Handling exception. Exception adalah suatu kondisi tidak normal yang membutuhkan pemrosesan khusus selama eksekusi program. Ketika error terjadi dalam suatu method, method membuat sebuah objek dan menyerahkannya ke sistem runtime. Terdapat 4 keyword dalam penanganan error yaitu: Try : Keyword yang digunakan saat menjalankan suatu block program dan juga mengenai error yang diproses Catch : Keyword untuk menangkap suatu bu...
Komentar
Posting Komentar